Praktek terbaik untuk membantu Google menemukan, merangkak, dan indeks situs Anda
Setelah pedoman ini akan membantu Google menemukan, indeks, dan peringkat situs Anda. Bahkan
jika Anda memilih untuk tidak menerapkan saran ini, kami sangat
menganjurkan Anda untuk membayar perhatian yang sangat dekat dengan
"Panduan Kualitas", yang menguraikan beberapa praktik terlarang yang
dapat menyebabkan sebuah situs yang dihapus sepenuhnya dari indeks
Google atau dipengaruhi oleh tindakan spam yang algoritmik atau manual. Jika
situs telah terpengaruh oleh tindakan spam, mungkin tidak lagi muncul
pada hasil di Google.com atau di salah satu situs mitra Google.Desain dan isi pedoman Selengkapnya ...Pedoman teknis Selengkapnya ...Panduan kualitas Selengkapnya ...
Bila situs Anda sudah siap:
Submit ke Google di http://www.google.com/submityourcontent/.
Kirim Sitemap menggunakan Google Webmaster Tools. Google
menggunakan peta situs Anda untuk mempelajari tentang struktur situs
Anda dan untuk memperluas cakupan kami dari halaman Web Anda.
Pastikan semua situs yang harus tahu tentang halaman Anda sadar situs Anda online.
Desain dan isi pedomankembali ke atas
Buatlah situs dengan hirarki yang jelas dan teks link. Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu link teks statis.
Tawarkan peta situs kepada pengguna dengan link yang menunjuk ke bagian penting dari situs Anda. Jika peta situs memiliki jumlah sangat besar link, Anda mungkin ingin memecahkan peta situs menjadi beberapa halaman.
Jauhkan link pada halaman tertentu ke nomor yang wajar.
Buat yang berguna, kaya informasi situs dan menulis halaman yang secara jelas dan akurat menjelaskan konten Anda.
Pikirkan
kata pengguna akan ketik untuk menemukan halaman Anda, dan pastikan
bahwa situs Anda benar-benar termasuk kata-kata di dalamnya.
Cobalah untuk menggunakan teks daripada gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link. Crawler Google tidak mengenali teks yang terdapat dalam gambar. Jika
Anda harus menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan
untuk menggunakan "ALT" atribut untuk memasukkan beberapa kata dari teks
deskriptif.
Pastikan bahwa Anda <title> elemen dan atribut ALT yang deskriptif dan akurat.
Periksa link yang rusak dan HTML yang benar.
Jika
Anda memutuskan untuk menggunakan halaman dinamis (misalnya URL berisi
karakter "?"), Diketahui bahwa tidak setiap spider mesin pencari
menjelajah halaman dinamis sebaik halaman statis. Ini membantu untuk menjaga parameter pendek dan jumlah mereka sedikit.
Meninjau praktek yang direkomendasikan terbaik kami untuk gambar dan video.
Petunjuk tekniskembali ke atas
Gunakan browser teks seperti Lynx untuk memeriksa situs anda, karena kebanyakan search engine melihat situs Anda seperti Lynx. Jika
fitur mewah seperti JavaScript, cookies, ID sesi, frame, DHTML, atau
Flash mencegah Anda melihat semua situs Anda dalam browser teks, maka
mesin pencari spider mungkin mengalami kesulitan menjelajahi situs Anda.
Izinkan bot pencarian untuk merayapi situs Anda tanpa ID sesi atau argumen yang melacak jalur mereka melalui situs. Teknik ini berguna untuk melacak perilaku pengguna perorangan, tetapi pola akses bot sama sekali berbeda. Menggunakan
teknik ini dapat menghasilkan indeks yang tidak lengkap dari situs
Anda, karena bot mungkin tidak mampu menghilangkan URL yang tampak
berbeda tetapi sebenarnya menunjuk ke halaman yang sama.
Pastikan server web Anda mendukung If-Modified-Since HTTP header. Fitur
ini memungkinkan server web Anda untuk memberitahu Google apakah konten
Anda telah berubah sejak terakhir kali kami menjelajahi situs Anda. Mendukung fitur ini menghemat bandwidth dan overhead.
Memanfaatkan file robots.txt pada server Web Anda. File ini memberitahukan crawler direktori mana yang dapat atau tidak dapat dijelajahi. Pastikan itu saat ini untuk situs Anda sehingga Anda tidak sengaja memblokir perayap Googlebot. Kunjungi
http://code.google.com/web/controlcrawlindex/docs/faq.html untuk
mempelajari bagaimana menginstruksikan robot ketika mereka mengunjungi
situs Anda. Anda
dapat menguji file robots.txt Anda untuk memastikan Anda menggunakannya
dengan benar dengan alat analisis robots.txt tersedia di Google
Webmaster Tools.
Melakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin pencari. Sebagai contoh, Google AdSense iklan dan link DoubleClick yang diblokir tidak ditelusuri oleh file robots.txt.
Jika
perusahaan Anda membeli sebuah sistem manajemen konten, pastikan bahwa
sistem menciptakan halaman dan link yang mesin pencari dapat merangkak.
Gunakan
robots.txt untuk mencegah crawling dari halaman hasil pencarian atau
otomatis dihasilkan halaman yang tidak menambah nilai lebih bagi
pengguna yang datang dari search engine.
Uji situs Anda untuk memastikan bahwa itu muncul dengan benar di browser yang berbeda.
Memantau performa situs Anda dan mengoptimalkan beban kali. Tujuan Google adalah untuk menyediakan pengguna dengan hasil yang paling relevan dan pengalaman pengguna yang luar biasa. Situs
Cepat meningkatkan kepuasan pengguna dan meningkatkan kualitas
keseluruhan dari web (terutama bagi para pengguna dengan koneksi
internet yang lambat), dan kami berharap bahwa sebagai webmaster
memperbaiki situs mereka, kecepatan keseluruhan web akan meningkat.
Google
sangat menganjurkan bahwa semua webmaster secara teratur memonitor
performa situs menggunakan Page Speed, YSlow, WebPagetest, atau alat
lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, peralatan, dan sumber daya, lihat Mari Membuat Web lebih cepat. Selain
itu, Situs Kinerja alat di Webmaster Tools menunjukkan kecepatan
website Anda seperti yang dialami oleh pengguna di seluruh dunia.
Kualitas pedomankembali ke atas
Pedoman
ini mencakup kualitas bentuk yang paling umum dari perilaku menipu atau
manipulatif, namun Google akan merespon negatif praktik menyesatkan
lain yang tidak tercantum di sini (misalnya menipu pengguna dengan
mendaftarkan salah eja terkenal website). Ini
tidak aman untuk mengasumsikan bahwa hanya karena teknik menipu
tertentu tidak disertakan pada halaman ini, Google menyetujuinya. Webmaster
yang menghabiskan energi mereka menegakkan semangat prinsip dasar akan
memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan kemudian menikmati
peringkat yang lebih baik daripada mereka yang menghabiskan waktu mereka
mencari celah mereka bisa mengeksploitasi.
Jika
Anda yakin bahwa situs lain yang menyalahgunakan panduan kualitas
Google, silahkan melaporkan bahwa situs di
https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport. Google
menyukai pengembangan solusi scalable dan otomatis untuk masalah, jadi
kita berusaha untuk meminimalkan tangan ke tangan pertempuran spam. Laporan
spam yang kami terima digunakan untuk membuat algoritma scalable yang
mengenali dan memblokir usaha spam yang akan datang.
Kualitas pedoman - prinsip dasar
Membuat halaman terutama untuk pengguna, bukan mesin pencari. Jangan
menipu pengguna Anda atau konten yang berbeda hadir untuk mesin pencari
dari Anda menampilkan kepada pengguna, yang sering disebut sebagai
"cloaking."
Hindari trik yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Aturan
praktis yang baik adalah apakah Anda akan merasa nyaman menjelaskan apa
yang telah Anda lakukan ke situs Web yang bersaing dengan Anda. Sebuah
tes lain yang berguna adalah dengan bertanya, "Apakah hal ini membantu
pengguna saya? Apakah saya melakukannya jika mesin pencari tidak ada?"
Jangan berpartisipasi dalam skema link yang dirancang untuk meningkatkan peringkat situs anda atau PageRank. Secara
khusus, hindari link ke spammer web atau "bad neighborhoods" di web,
sebagai peringkat Anda sendiri mungkin akan terpengaruh negatif oleh
link tersebut.
Jangan
gunakan program komputer yang tidak sah untuk mengirim halaman,
peringkat cek, dll Program-program tersebut mengkonsumsi sumber daya
komputasi dan melanggar Persyaratan Layanan kami. Google
tidak merekomendasikan penggunaan produk seperti WebPosition Gold ™
yang mengirim perintah otomatis atau terprogram ke Google.
Kualitas pedoman - pedoman khusus
Hindari teks tersembunyi atau link tersembunyi.
Jangan gunakan cloaking atau sneaky redirects.
Jangan mengirimkan query otomatis ke Google.
Jangan memuat halaman dengan kata kunci yang tidak relevan.
Jangan membuat halaman, subdomain, atau domain dengan duplikat konten substansial.
Jangan membuat halaman dengan perilaku jahat, seperti phishing atau menginstall virus, trojan, atau badware lain.
Hindari
halaman "doorway" yang dibuat hanya untuk mesin pencari, atau "cookie
cutter" pendekatan seperti program afiliasi dengan konten asli sedikit
atau tidak ada.
Jika situs Anda berpartisipasi dalam program afiliasi, pastikan bahwa situs Anda menambahkan nilai. Menyediakan konten unik dan relevan yang memberikan alasan bagi pengguna untuk mengunjungi situs Anda terlebih dahulu.
Jika
Anda menentukan bahwa situs Anda tidak memenuhi pedoman, Anda dapat
memodifikasi situs Anda sehingga yang dilakukan dan kemudian mengirimkan
situs Anda untuk ditinjau kembali.
Bpk. Nanang Suryadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar